Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

Uncategorized

Lahan Hutan di Kawasan BTNGC Terbakar Lagi, 5 Jam Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Api

KUNINGAN – Lahan hutan di kawasan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) kembali terbakar pada Jum’at (03/11/2023) siang. Berdasarkan hasil kaji cepat Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, disebutkan peristiwa kebakaran hutan di kawasan BTNGC ini terpantau pada pukul 13:30 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, mengatakan, pihaknya menerima laporan peristiwa kebakaran tersebut sekira 2 jam setelah terjadinya kebakaran.

” Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), tepatnya di Blok Munjul Masigit dan Pamuludan Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus,” terang IBE, sapaannya, Jum’at malam.

Pada kaji cepat yang dikeluarkan pihaknya, untuk luas lahan yang terbakar masih dalam pengumpulan data dan koordinasi dengan pihak BTNGC.

“Kawasan Hutan TNGC yang didominasi vegetasi alang-alang terbakar, namun perkiraan luasan masih dalam proses penghitungan,” jelasnya.

Disebutkan IBE, warga melihat kepulan asap pada Jum’at siang selepas waktu Shalat Jum’atan dan langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihaknya.

“Petugas di lapangan langsung berkoordinasi dengan pihak BTNGC untuk upaya pemadaman api,” katanya.

Tim pemadaman gabungan dari aparat desa, aparat kecamatan, petugas TNGC, TNI, POLRI, UPT Damkar dan BPBD Kabupaten Kuningan segera melakukan  penanganan pemadaman api.

Disebutkan Kalak BPBD Kabupaten Kuningan, pada pukul 18.30 WIB api mulai bisa dipadamkan dan dilakukan penyisiran.

“Untuk jumlah personel yang terlibat dalam pemadaman api diperkirakan ada 60 orang,” ujarnya. (Nars)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *