Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita headline kabupaten kuningan Parlemen

Nuzul Rachdy Blak-blakan Kenapa Terjun ke Dunia Politik dari Dunia Jurnalis Hingga Jadi Ketua DPRD

KUNINGAN – Menjelang perhelatan Konferensi Kabupaten Persatuan Wartawan Indonesia (Konferkab PWI) Kabupaten Kuningan, panitia Konferensi menggulirkan kegiatan rutin bertajuk Sharing Wawasan dengan menghadirkan para narasumber yang sudah dianggap berpengalaman dalam dunia yang digelutinya.

Salah seorang narasumber yang berhasil bertemu dengan sejumlah pengurus PWI Kuningan adalah Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy.

Zul, sapaannya, mengaku bersyukur masih diakui sebagai keluarga dari PWI Kuningan. Karena memang sebelum terjun ke dunia politik yang akhirnya menghantarkan dirinya menjadi Ketua DPRD Kuningan, Zul memang aktif di dunia jurnalis, bahkan sempat menjadi Sekretaris PWI Kuningan.

Ia mengenang beberapa nama wartawan senior yang menjadi rekan kerjanya dulu. Sebagian besar dari mereka, imbuhnya, kini sudah mendahului menghadap Yang Maha Kuasa.

“Awalnya saya hanya hobi menulis pada waktu itu, menulis puisi, prosa dan lainnya. Akhirnya Saya diajak gabung oleh teman-teman PWI untuk menjadi jurnalis, karena mereka melihat tulisan Saya,” papar Zul.

Karya-karya jurnalistik Zul, mengisi halaman beberapa media massa saat itu, seperti di Kuningan Pos, Linggarjati, Pesona Indonesia dan Inti Jaya.

Peristiwa sebelum terjadinya Reformasi saat itu, tahun 1996, merupakan awal dirinya memilih untuk ikut masuk ke dunia Politik. Peristiwa itu adalah peristiwa Kudatuli (Kerusuhan dua puluh tujuh Juli) yakni peristiwa pengambilalihan kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di Jalan Diponegoro 58 Jakarta Pusat.

“Saat itulah tonggak reformasi dimulai. Pemerintah Orba saat itu sangat tidak suka pada gerakan berbau rezim Sukarno,” ujarnya.

Saat itulah, Zul mengaku jatuh hati pada pergerakan politik dan bergabung dengan PDIP. Sejak itu pula, Ia tidak pernah pindah ke lain hati dan tetap konsisten di PDIP.

“Meski sudah terjun ke dunia politik, namun Saya tetap suka menulis tapi bukan untuk media massa,” katanya.

Menjadi politisi sebenarnya bukan cita-cita seorang Nuzul Rachdy. Namun karena guratan nasib dan hasil perjuangannya di partai, akhirnya Zul bisa lolos beberapa periode menjadi Anggota DPRD Kuningan.

“Bicara soal dunia jurnalistik, dunia ini memang sangat mulia kalau kita menjiwainya. Profesi jurnalis kita dituntut untuk memahami banyak hal, dan inilah yang membentuk Saya seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Belajar itu, imbuhnya, tidak ada masanya dan tidak ada salahnya. Kita harus mau belajar kepada lingkungan dan pengalaman.

“Hingga saat ini Saya juga sering membaca untuk terus belajar,” sebutnya. (Nars)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *