KUNINGAN – Jajaran TNI Koramil 1507/luragung Kodim 0615/ Kuningan mengapresiasi kegiatan Ruang Riung Reang, Ngayuga Bumi Ngajaga Lembur, yang diinisiasi oleh Gerakan Masyarakat Jawa Barat Hejo, di Puncak Manik Desa Cimulya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan pada Sabtu (03/02/2024).


Danramil 1507/Luragung Kapten Inf Aam, yang menerjunkan hampir seluruh Babinsa di wilayahnya untuk mengikuti kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan penanaman tersebut memiliki makna yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang.


” Selain untuk menjaga lingkungan alam kegiatan ini juga menunjukkan komitmen bersama dalam menjaga teritorial menjaga kelestarian kehidupan manusia dan juga menunjang program ketahanan pangan masyarakat,” terangnya saat melakukan penanaman pohon.

Kapten Infanteri Aam mengungkapkan, menjaga kelestarian mata air merupakan langkah konkret untuk melindungi kehidupan anak cucu kita.


” Air adalah sumber kehidupan dan menjaga kelestarian serta ketersediaan air bersih yang berkualitas adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Ajakan Danramil Luragung untuk Masyarakat


Pada momentum tersebut pihaknya mengajak masyarakat, semua komponen dan juga pemerintah daerah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Ia mengharapkan, momentum kebersamaan dan kepedulian pada kegiatan penanaman pohon ini akan terus berkembang dan menginspirasi orang lain untuk turut berpartisipasi pada kegiatan serupa.

Apresiasi dari Pengurus DPD Gema Jabar Hejo Kabupaten Kuningan


Sementara, Ketua Gema Jabar Hejo DPD Kuningan, Daeng Ali, mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran prajurit TNI khususnya dari Koramil 1507 Luragung yang telah bersama-sama melakukan kegiatan penanaman pohon di Puncak Manik ini.


“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah terlibat pada kegiatan ini. Semoga apa yang telah kita lakukan hari ini menjadi amal yang diridhoi oleh Allah Sbhanahu wa ta’ala dan memberikan maslahat dan manfaat yang besar bagi kita semua,” papar Ali.


Kegiatan revitalisasi mata air di puncak manik tersebut merupakan dorongan dari masyarakat setempat yang menginginkan sumber-sumber mata air di puncak manik bisa terus terawat.


Terlebih pada beberapa tahun ini kondisi masyarakat di desa cimulya apalagi saat musim kemarau selalu mengalami kesulitan untuk mendapatkan air baku untuk keperluan mereka sehari-hari.


Ancaman kekeringan di masyarakat sekitar Puncak manik ini disebabkan oleh keringnya sumber mata air di daerah tersebut dan sering terjadinya kebakaran hutan dan lahan setiap musim kemarau.


Kegiatan revitalisasi mata air tersebut diikuti oleh ratusan relawan dari berbagai komponen dan dari instansi yang terlibat.

Gema Jabar Hejo Kabupaten Kuningan menurunkan sejumlah 500 bibit pohon tegakan dari berbagai jenis untuk merevitalisasi mata air di lokasi tersebut.


Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, Kepala Dinas LH, Laksono Dwi Putranto, Kalak BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, Kapolsek Luragung dan Camat Cimahi hadir secara langsung melakukan penanaman pohon bersama masyarakat. (Nars)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *