Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita headline kabupaten kuningan Pemerintahan

50 Ruas Jalan Rusak di Kabupaten Kuningan Segera Diperbaiki Jelang Idul Fitri 1445 H

KUNINGAN – Mulai Senin (18/03/2024) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Kuningan merencanakan 50 ruas jalan rusak di Kabupaten Kuningan akan diperbaiki menghadapi Hari Raya idul Fitri 1445 H.


Kepala Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, Putu Bagiasna, menjelaskan hal itu, saat dikonfirmasi kuninganreligi.com di ruang kerjanya, Selasa (19/03/2024).


Diterangkan Putu, pihaknya sudah membagi tim untuk pelaksanaan pemeliharaan rutin jalan rusak ini ke dalam 4 Koordinator Tim yang bekerja di sejumlah wilayah.


“Untuk wilayah 1 di daerah perkotaan, kita punya target hampir 16 ruas jalan,” ujarnya.


Untuk di wilayah perkotaan ini, diantaranya meliputi ruas Muhammad Toha, Kramatmulya, Ciloa, Cikaso – Karangmangu, Gereba – Kedungarum, Kaduagung – Sindangsari, Jalan Juanda, Jalan Sudirman, Sudirman – Awirarangan, Jalan Pasar Kepuh, Kelurahan Citangtu.


“Untuk yang paling parah ada di ruas Ramajaksa – Cipari. Untuk pengerjaannya membutuhkan material hotmix sekira 20 ton,” sebutnya.


Pengerjaan pemeliharaan jalan rusak ini, dari 4 Kortim akan mengerjakan sejumlah 50 ruas dengan rencana perbaikan dari hasil survei kerusakan jalan.


“Diharapkan, masyarakat khususnya perantau yang mudik ke kampung halaman, bisa menikmati jalan yang sudah baik menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti,” kata Putu.

Untuk di wilayah pelosok yang termasuk pada wilayah 4, Putu menambahkan, pihaknya membagi pemeliharaan jalan rusak jelang Idul Fitri ini di 6 ruas.


“Mengapa baru 6 ruas yang bisa kita kerjakan? Karena kerusakannya lumayan berat dan membutuhkan material yang banyak,” ujarnya.


Dicontohkannya, ruas Babatan – Ciherang – Sagarahiang sampai ke Karangsari, pihaknya merencanakan jumlah volume material hotmix-nya saja hingga 100 ton.


“Terus misalnya di ruas Tangkolo-Mandapajaya, ini sedang kita kerjakan, volumenya hampir 50 ton,” kata Putu lagi.


Pihaknya berharap pengerjaan pemeliharaan jalan rusak ini berjalan lancar. Dinas PUTR Kabupaten Kuningan sendiri memiliki rencana 10 ribu ton material untuk pengerjaannya.


“Kita baru bisa kerjakan di awal ini sebanyak 5 ribu ton dulu karena kendala keterbatasan anggaran,” ujarnya.


Pihaknya merencanakan waktu pelaksanaan perbaikan jalan rusak di 4 wilayah ini selama 18 hari, mulai 18 Maret hingga 7 April 2024.


“Dengan asumsi Hari Jum’at libur ya, mudah-mudahan bisa selesai semuanya pada 7 April nanti,” tandasnya.

Pengerjaan pemeliharaan jalan rusak ini, tambahnya, dikerjakan secara swakelola dengan menggunakan alat berat sendiri dan sumberdaya yang ada di DPUTR Kuningan. (Nars)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *