Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

headline Khazanah Islam Ragam Ramadhan

Menggapai Ampunan di 10 Hari Fase Kedua Bulan Ramadhan

KHAZANAH ISLAM, KR – Pada beberapa penjelasan alim ulama sesuai Hadits yang disampaikan Rasulullah SAW, Bulan Ramadhan memiliki 3 fase penting. Yakni fase 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari terakhir.


Dikutip dari laman NU Online, 10 hari kedua Ramadhan memiliki keutamaan saat dimana Ummat Islam yang berpuasa akan diberikan ampunan dari Allah SWT.


Adapun keterangannya, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dan Ibn Khuzaimah, bahwa awal bulan Ramadhan merupakan rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sementara akhirnya adalah terbebas dari neraka.


Maka, umat Islam dihimbau untuk memperbanyak amalan-amalan yang dianjurkan dalam rangka meraih ampunan dari Allah SWT, sang Maha Pengampun.


Salah satu amalan yang bisa dilakukan pada 10 hari kedua Ramadhan adalah memperbanyak dzikir, doa, dan istighfar. Melalui dzikir dan doa, umat Islam dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT serta memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan.


Selain itu, istighfar juga menjadi amalan penting untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah terjadi.


Bahkan, ada keterangan yang menjelaskan bahwa dalam Firman-Nya, Allah SWT berfirman menceritakan tentang sifat ahli surga.


“Merekalah orang-orang yang penyabar, jujur, tunduk, rajin berinfak dan rajin istighfar di waktu sahur”
(QS. Ali Imran. 17).


Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan, ayat tersebut menunjukkan keutamaan memperbanyak istighfar di waktu sahur (Bulan Ramadha) – (Tafsir Ibnu Katsir 2/23).

Selain itu, bersedekah juga menjadi amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan, terutama dalam fase ampunan. Dengan bersedekah, umat Islam tidak hanya membantu sesama yang membutuhkan, tetapi juga membuka pintu ampunan dari Allah SWT.

Selanjutnya, membaca Al-Quran dan melakukan ibadah shalat sunnah juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada 10 hari kedua Ramadhan.

Dengan mendekatkan diri kepada Al-Quran dan melaksanakan shalat sunnah, umat Islam dapat memperkuat iman dan mendapatkan ampunan serta rahmat dari Allah SWT.


Dengan memperbanyak amalan-amalan tersebut, diharapkan setiap individu umat Islam dapat merasakan keberkahan dan keampunan dalam fase penting bulan Ramadhan ini.

Wallahu Alam Bish Showab

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *