Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita Breaking News headline Pilkada Kuningan politik

Breaking News, Rekomendasi PKB untuk Bacabup Kuningan Jatuh ke Yanuar Prihatin

KUNINGAN – Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) secara resmi memberikan rekomendasi kepada Yanuar Prihatin, Ketua DPP PKB sekaligus pimpinan Komisi II DPR RI, untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Kuningan, KH. Didin Misbahudin, usai menggelar rapat bersama jajaran tertinggi struktur PKB Kabupaten Kuningan.

“Ya, kami sudah mendapat informasi soal rekomendasi yang diberikan kepada Pak Yanuar langsung dari yang bersangkutan melalui telepon. Beliau juga mengirimkan foto momen pemberian rekomendasi itu,” ujar KH. Didin Misbahudin, Senin (20/5/2024).

KH. Didin menjelaskan bahwa Dewan Syuro saat itu juga sedang mengadakan rapat untuk menentukan bakal calon bupati Kuningan yang akan diusung. “Kami sepakat menunjuk Kang Haji Yanuar. Tadinya keputusan rapat ini akan dibawa ke rapat pleno bersama jajaran tanfidz atau pengurus harian untuk diserahkan kepada DPP PKB,” lanjutnya.

Namun, keputusan DPP PKB ternyata telah lebih dahulu ditetapkan. “Di ujung rapat, saya mendapat telepon dari Kang Haji Yan yang mengabarkan bahwa rekomendasi dari DPP PKB sudah dikeluarkan kepada Kang Haji Yanuar. Beliau bahkan mengirimkan fotonya,” ungkap Kyai Didin yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatuth Thalibin Kuningan.

Yanuar Prihatin adalah anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat X, yang meliputi Kuningan, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran. Yanuar merupakan putra daerah asli Kuningan dan anak dari deklarator PKB sekaligus Sekjen Nahdlatul Ulama era Gus Dur, KH. Ahmad Bagja. Selama ini, Yanuar dikenal aktif turun ke dapil untuk menyerap aspirasi konstituen dan sering terlibat dalam kegiatan keagamaan di daerah tersebut.

Dengan kontribusinya yang tinggi terhadap Kuningan, Dewan Syuro PKB Kuningan dan DPP PKB akhirnya sepakat mengusung Yanuar untuk Pilkada Bupati Kuningan. “Cak Imin juga sudah memberikan restu kepada Yanuar Prihatin,” tambah KH. Didin.

Penunjukan Yanuar untuk maju dalam Pilkada Bupati Kuningan sekaligus mengakhiri teka-teki tentang siapa yang akan diusung PKB untuk menjadi Kuningan 1. PKB sendiri adalah pemilik kursi terbanyak kedua di DPRD Kuningan setelah PDIP dalam pemilu lalu.

“Melihat posisi kami (PKB) yang delapan kursi di DPRD, sudah pasti posisi kami (PKB) adalah Kuningan 1, ya bupati. Tinggal kami membangun komunikasi untuk berkoalisi dan menentukan siapa yang menjadi calon wakilnya. Ya, kita lihat nanti bagaimana perkembangannya,” ucap KH. Didin.

DPC PKB Kuningan sebelumnya mencatat ada sejumlah nama yang mendaftar sebagai bakal calon bupati Kuningan dengan berbagai latar belakang. Namun, dengan dikeluarkannya rekomendasi DPP PKB kepada Yanuar Prihatin, kini telah jelas siapa yang akan diusung PKB dalam Pilkada Kuningan 2024. (Nars)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *