Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita headline kabupaten kuningan Pendidikan

Kemah Gebyar Pramuka Kuningan, Rana: Gerakan Pramuka Tetap Relevan Membangun Anak Bangsa

KUNINGAN – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kuningan menggelar Kemah Gebyar Pramuka Kuningan tahun 2024 di Bumi Perkemahan Sidomba Desa Peusing Kecamatan Jalaksana, pada 29-30 Mei 2024.


Menurut Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kuningan, Rana Suparman, Kemah Gebyar Pramuka Kuningan ini digelar setiap dua tahun sekali sebagai ajang silaturahmi para pembina Gerakan Pramuka dari 32 Kwartir Ranting se-Kuningan.


“Selain itu ada pula para pembina Gerakan Pramuka dari setiap Gugus Depan dan sejumlah Anggota Pramuka yang ikut inagurasi Pramuka Garuda. Jumlah keseluruhan pesertanya sekira 2.300 orang plus panitia,” terang Rana di sela acara Anjang Sana ke tiap tenda Kwaran.


Ia menjelaskan, ajang gebyar kemah ini juga bertujuan untuk saling tukar pengalaman antar pembina Pramuka dari setiap Kwaran. Sehingga, finalnya, mereka memiliki persamaan konsep dan strategi dalam menggelorakan kembali kegiatan kepanduan di tiap-tiap wilayahnya.


“Kan ada pengurus ranting yang larinya cepat, sedang dan ada pula yang lambat dalam kegiatan kepramukaan ini. Melalui sesi Anjang Sana ini mereka akan saling bertukar pikiran dan sharing informasi terkait bagaimana melaksanakan kegiatan kepramukaan di masing-masing ranting, kita ingin maju bersama,” papar Rana.


Ia menambahkan, Gerakan Pramuka ini merupakan gerakan yang tidak boleh dihilangkan. Apalagi sempat ada wacana dari Mendikbud RI yang akan menghilangkan gerakan Pramuka dari ekstrakurikuler sekolah.


“Tidak bisa dihilangkan (gerakan Pramuka ini) dari bagian ekstrakurikuler. Justru dengan kegiatan ini, kita buktikan bahwa Gerakan Pramuka ini sangat relevan untuk membangun karakter kenegaraan anak bangsa,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan Kemah Gebyar Pramuka Kuningan tahun 2024 ini, ada sejumlah 451 anggota Gerakan Pramuka dari setiap golongan yang ditetapkan sebagai Anggota Pramuka Garuda.


Pramuka Garuda ini merupakan tingkatan tertinggi dari setiap golongan yang diharapkan bisa menjadi contoh bagi anggota-anggota gerakan Pramuka lainnya. (Nars)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *