Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita Desa Ekonomi headline kabupaten kuningan

Bangun Sejumlah Infrastruktur, Desa Cikaso Realisasikan Bantuan Desa BRILiaN dari BRI

KUNINGAN – Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan kini semakin berbenah dengan merealisasikan bantuan Desa Brilian dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bantuan ini digunakan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur yang vital bagi kemajuan desa.


Seperti yang dikatakan Kepala Desa Cikaso, Hidayat, saat melakukan laporan penyerahan hasil penggunaan anggaran bantuan Desa BRILiaN kepada pihak BRI, Kamis (13/06/2024) di Obyek Wisata Sawah Lope.


“Alhamdulillah bantuan dari BRILiaN ini sudah kami wujudkan untuk membangun beberapa infrastruktur penunjang peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Hidayat.


Sejumlah infrastruktur yang telah dibangun berupa pembangunan agrowisata dan bumi perkemahan, 2 unit bangunan villa wisata dan tiketing, 20 unit toilet, 5 unit gazebo dan 1 unit warung.


“Sementara di lokasi wisata Sawah Lope juga dibangun kolam gowes, gazebo besar dan kecil, serta landmark parkir Sawah Lope. Selain itu, untuk bangunan lainnya juga berupa kolam renang Cimalati dan kantor BUMDes,” rincinya.


Sementara, Pimpinan Cabang BRI Kuningan, Ivan Abdul Latif mengapresiasi prestasi yang sudah diraih Desa Cikaso sebagai juara kedua Desa BRILiaN tingkat nasional pada tahun 2023.


“Apresiasi dari BRI ini kemudian memberikan bantuan anggaran untuk pembangunan infrastruktur dan yang lainnya untuk mendukung Desa Cikaso sebagai tujuan desa wisata, liburan, hiburan dan edukasi,” paparnya.

Ia berharap melalui bantuan ini, kedepannya akan membantu desa setempat dalam hal peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya.


“Melalui peningkatan fasilitas infrastruktur di Desa Cikaso pasti akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa setempat,” sebut Ivan.

Sebelumnya, bantuan finansial sebesar Rp 750 juta berhasil diraih Desa Cikaso setelah mendapatkan penghargaan sebagai Juara ke-2 Desa Brilian tingkat nasional tahun 2023 dari Bank Rakyat Indonesia.


Penghargaan ini diberikan kepada desa yang dinilai sukses meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakatnya, seperti melalui penggunaan transaksi non tunai QRIS dan pemberdayaan BUMDes untuk pengelolaan keuangan.

Program Desa Brilian dari BRI ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak desa di seluruh Indonesia. BRI berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan desa-desa di Indonesia melalui berbagai inisiatif dan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. (NARS)

1 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *