Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita Ekonomi headline kabupaten kuningan

Komunitas BesTina Nyakola Gelar Pelatihan Keterampilan Pembuatan Sabun Wangi Melati

KUNINGAN – Komunitas BesTina Nyakola, yang dibentuk oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj Tina Wiryawati SH MM, kembali mengadakan pelatihan keterampilan bagi perempuan di Dapil Jabar 13. Kegiatan kali ini melibatkan peserta dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Harapan Mekar Desa Dukuhlor, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan.

Pelatihan pembuatan sabun wangi melati (jasmine) ini diikuti oleh belasan emak-emak anggota KWT Harapan Mekar dan peserta dari desa tetangga. Pelatihan tersebut dibimbing oleh Mbak Sera, seorang praktisi keterampilan terapan dari bahan baku herbal, yang memberikan pengetahuan dan teknik pembuatan sabun wangi secara mendetail.

Ini merupakan pelatihan seri ke-5 yang diselenggarakan oleh BesTina Nyakola dan Yayasan Eka Nusa Satia, setelah sebelumnya sukses menggelar pelatihan membuat buket, make-up artist, meronce bunga melati, dan membuat pasta gigi herbal.

Hj Tina Wiryawati, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, menjelaskan bahwa inisiasi pembentukan BesTina Nyakola bertujuan untuk memberikan manfaat bagi kaum wanita di kalangan masyarakat.

“Kami ingin agar mereka memiliki keterampilan terapan yang bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga,” ujar Tina Wiryawati.

Tina juga menyampaikan rencana ke depan untuk mengembangkan program pelatihan ini. Selain keterampilan dan kerajinan terapan, BesTina akan mengembangkan pelatihan yang terkait dengan pengemasan, pemasaran, hingga manajemen keuangan UMKM.

“Tujuan kami adalah memberikan bekal yang lengkap agar para peserta bisa mandiri dan meningkatkan taraf hidup keluarganya,” tambahnya.

Komunitas BesTina Nyakola terus berkomitmen untuk memberikan pelatihan yang bermanfaat dan berkelanjutan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para perempuan di Kuningan dapat lebih berdaya dan memiliki keterampilan yang dapat diandalkan untuk mendukung perekonomian keluarga mereka.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari para peserta yang merasa mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan baru. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Selain menambah keterampilan, kami juga jadi lebih percaya diri untuk memulai usaha sendiri,” ujar salah satu peserta.

BesTina Nyakola dan Yayasan Eka Nusa Satia berencana untuk terus menggelar berbagai pelatihan serupa di masa mendatang, dengan tujuan yang sama yaitu memberdayakan perempuan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui keterampilan terapan dan wirausaha. (Nars)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *