Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita headline kabupaten kuningan Parlemen Pemerintahan

Program Kuningan Caang dan Maraknya Perumahan Bersubsidi Disorot Fraksi PAN DPRD Kuningan

KUNINGAN – Rapat paripurna pandangan umum Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuningan, yang digelar Jum’at (14/06/2024), Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyampaikan sejumlah sorotan terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kuningan Tahun Anggaran 2023.

Juru bicara Fraksi PAN, Udin Kusnedi, menyoroti secara khusus program Kuningan Caang dan maraknya pembangunan perumahan bersubsidi di daerah ini.

Fraksi PAN menilai program penerangan jalan umum (PJU) atau Kuningan Caang masih menyisakan berbagai permasalahan. Menurut data dari dinas terkait, masih banyak wilayah di Kabupaten Kuningan yang belum menikmati penerangan jalan umum.

“Permasalahan ini muncul karena perencanaan yang tidak baik dan pelaksanaannya tidak sesuai dengan perencanaan. Kami berharap permasalahan PJU Kuningan Caang mendapatkan perhatian serius,” ujar Udin Kusnedi, Juru Bicara Fraksi PAN DPRD Kuningan.

Selain itu, Fraksi PAN juga menyoroti pembangunan perumahan bersubsidi yang semakin banyak di Kabupaten Kuningan. Menurut data, sudah ratusan hektar lahan yang beralih fungsi menjadi perumahan, termasuk lahan produktif.

Fraksi PAN meminta penjelasan dari pemerintah daerah terkait maraknya pembangunan perumahan bersubsidi dan menuntut ketegasan dalam mengendalikan pembangunan ini.

“Sudah ratusan hektar lahan yang beralih fungsi menjadi perumahan. Kami meminta penjelasan dari pemerintah daerah terkait maraknya pembangunan perumahan bersubsidi ini dan ketegasan dalam mengendalikannya,” ujar Udin Kusnedi.

Fraksi PAN juga menyoroti berbagai isu lainnya, termasuk masalah aset, kerusakan lingkungan hidup, dan dampak dari tunda bayar atau gagal bayar pada tahun 2022 yang masih berpengaruh pada struktur APBD tahun 2023.

Mereka menekankan pentingnya evaluasi dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut, agar ke depan tidak lagi terjadi kasus gagal atau tunda bayar akibat perencanaan yang tidak optimal.

“Kami juga mengingatkan kembali mengenai prioritas pembangunan daerah Kabupaten Kuningan pada tahun 2023, yaitu percepatan rehabilitasi dan aksesibilitas pendidikan, percepatan pembangunan desa khususnya sektor pertanian dan pariwisata melalui pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur,” paparnya.

Kemudian, sama halnya dengan peningkatan produktivitas dan lapangan kerja melalui UMKM berbasis teknologi informasi, pengembangan karakter berbangsa dan bernegara serta keluhuran nilai-nilai agama, peningkatan layanan kesehatan, dan peningkatan mutu pelayanan serta transparansi pemerintahan melalui sistem informasi terpadu yang butuh perhatian dari pemerintah.

Pada pandangan umum ini, Fraksi PAN menyatakan bahwa capaian terhadap isu strategis tahun 2023 masih jauh dari harapan. Hal ini terlihat dari tidak tercapainya indikator keberhasilan dari setiap target yang telah direncanakan dibandingkan dengan realitas yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan. Mereka juga menyoroti rendahnya realisasi anggaran yang persentasenya masih banyak di bawah 50%.(Nars)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *