Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita Breaking News headline Insiden kabupaten kuningan

Sapi Kurban Ngamuk di Dukuhdalem, Damkar Kuningan Turun Tangan

KUNINGAN – Seekor sapi kurban milik H. Yadin dan Hj. Mumun membuat panik warga Dusun Tarikolot, Desa Dukuhdalem, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. Sapi berukuran besar ini lepas dan mengamuk saat akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha, Senin (17/6/2024).

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kuningan, Andri Arga Kusuma, menjelaskan, kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB.

“Sapi tersebut sudah dalam posisi dirobohkan untuk disembelih, namun talinya terlepas dan sapi kabur,” ujar Andri menuturkan seperti yang disebutkan saksi.

Laporan diterima dari Kadus Tarikolot Desa Dukuhdalem yang segera menghubungi kantor UPT Damkar Satpol-PP Kabupaten Kuningan. “Setelah menerima laporan, empat anggota regu tiga langsung menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan dinas RR dan membawa peralatan rescue,” tambahnya.

Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dan berlangsung hingga 13.40 WIB, memakan waktu sekitar tiga jam sepuluh menit. Sapi tersebut berhasil dievakuasi di tengah sawah Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan.

“Kami berhasil mengevakuasi sapi tersebut dengan bantuan dua jagal hewan dan sepuluh warga sekitar,” ungkap Andri.

Andri menambahkan, evakuasi dilakukan menggunakan peralatan tambang dan alat rescue lainnya.

“Jika tidak dievakuasi, sapi yang mengamuk bisa membahayakan warga dan merusak lingkungan sekitar,” tegasnya.

Setelah berhasil dievakuasi, sapi tersebut diserahkan kembali kepada pemiliknya. Andri Arga Kusuma mengapresiasi kerjasama warga setempat yang turut membantu dalam proses evakuasi ini.

“Keberhasilan ini berkat kerjasama yang baik antara petugas Damkar, jagal hewan, dan warga setempat,” kata Andri. (Nars)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *