Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita Budaya headline Lalu Lintas Ragam Viral

Sebelum Diviralkan di Medsos, Setop Merokok Sambil Naik Sepeda Motor di Jalanan

NET, Kuningan Religi – Sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @topjabar.co menjadi viral pada Selasa (11/06/2024). Video tersebut memperlihatkan seorang pria yang marah-marah saat ditegur oleh pengendara lain karena merokok sambil mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Dalam hitungan jam, unggahan video ini langsung dibanjiri oleh ratusan komentar dari warganet yang merasa kesal atas perilaku pria tersebut. Ratusan komentar miring dan kecaman dilayangkan kepada pria dalam video yang wajah dan nomor polisi kendaraannya terlihat jelas.

“Beungeut jelas, nomor polisi na jelas, wilujeng we pa (Muka jelas, nomor polisi jelas, selamat ya pak),” tulis akun @rizalpriandani dalam komentarnya.

Sementara itu, akun @mra_2.0 menjelaskan kepada warganet lain terkait aturan larangan merokok sambil berkendara sepeda motor di jalanan. “Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan nomor 22 tahun 2009, pasal 106 ayat 1. Diperkuat, Permenhub nomor 12, tahun 2019 pasal 6 bagian c,” jelasnya.

Akun @topjabar.co sendiri, memberikan keterangan pada unggahan tersebut terkait kronologi percekcokan antara pria yang ditegur dengan si pembuat video.

“Bapak ini berkendara sambil merokok dan waktu membuang bara rokoknya mengenai kaca helm saya. Beruntung hanya kena kaca helm, tapi saya tegur bapaknya baik-baik kalau bisa rokoknya dimatiin atau dibuang karena bisa membahayakan pengendara lain kalai sampai kena mata, ” ungkap keterangan video ini.

Bukannya menerima ditegur, ternyata bapak ini malah menantang yang menegur dan berhenti di pinggir jalan dan akhirnya terjadilah cekcok.

‘Waktu dipinggir bapaknya bilang ke saya, aturan darimana berkendara tidak boleh sambil merokok. Karena masih ngeyel akhirnya saya bilang ke bapaknya kalau saya bakal viralkan, bapaknya hanya bilang silahkan dan dirinya punya hak untuk merokok sambil berkendara, ” papar akun tersebut.

Diterangkan, kejadian ini terjadi di Jalan Soekarno Hatta Bandung.

Reaksi warganet terhadap video tersebut menunjukkan kekhawatiran dan ketidakpuasan masyarakat terhadap perilaku berbahaya di jalan raya. Banyak yang merasa bahwa tindakan merokok sambil mengendarai sepeda motor tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga orang lain di jalan.

Hukum dan Peraturan yang Berlaku

Merokok sambil mengendarai sepeda motor merupakan pelanggaran hukum di Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan nomor 22 tahun 2009, pasal 106 ayat 1, ketentuan ini mengatur pasal bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Hal ini diperkuat oleh Peraturan Menteri Perhubungan nomor 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Kampanye kesadaran dan keselamatan di jalan raya harus terus digalakkan untuk mengurangi perilaku-perilaku yang membahayakan di jalan. Edukasi mengenai peraturan lalu lintas dan pentingnya menjaga konsentrasi saat berkendara harus ditingkatkan, baik melalui media sosial, kampanye langsung, maupun melalui lembaga pendidikan. (NARS)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *