Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

Bencana berita headline kabupaten kuningan

Sigap, Petugas BPBD dan Damkar Evakuasi Pohon Tumbang yang Menimpa 3 Mobil di Luragung

KUNINGAN – Sebuah pohon lengkeng setinggi 15 meter di halaman Puskesmas Luragung, Kabupaten Kuningan, tumbang pada Senin (08/07/2024) siang. Batang dan dahan pohon tersebut menimpa tiga mobil yang sedang terparkir.

Ketiga kendaraan tersebut adalah Suzuki Ertiga abu metalik, Honda HRV putih, dan Toyota Rush putih, milik pegawai Puskesmas.

Akibat peristiwa ini, mobil Honda HRV mengalami kerusakan berat, sementara dua mobil lainnya mengalami kerusakan sedang. Kepala UPT Damkar Kuningan, Andri Arga Kusuma, mengungkapkan bahwa penanganan pohon tumbang dilakukan oleh petugas Damkar dan BPBD Kuningan yang langsung terjun ke lokasi setelah menerima laporan.

“Kami segera mengirim tim setelah menerima laporan. Proses pemotongan batang pohon yang memiliki diameter sekitar 100 cm ini serta memangkas dahan dan rantingnya dilakukan dengan cepat dan efektif,” ungkapnya.

Ia menambahkan, proses evakuasi berjalan selama satu jam, dan kendaraan yang rusak berhasil kami evakuasi. Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Beruntung tidak ada korban jiwa. Penyebab pohon tumbang diduga karena kondisinya yang sudah keropos di bagian bawah batangnya. Kami akan melakukan pengecekan lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti tumbangnya pohon ini,” papar Indra.

Terpantau, sejumlah petugas dari Damkar dan BPBD bekerja sama dalam menangani insiden ini, memotong batang pohon besar dan memindahkan bagian-bagian yang menimpa kendaraan.

Indra menyebutkan pentingnya pemeliharaan rutin terhadap pohon-pohon besar yang berada di kawasan publik untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

“Kami mengimbau kepada seluruh pihak terkait untuk lebih memperhatikan kondisi pohon-pohon besar di lingkungan sekitar. Pemeliharaan rutin sangat penting untuk mencegah terjadinya pohon tumbang yang bisa menimbulkan kerugian materi maupun korban jiwa,” kata Indra. (NARS)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *