Kuningan Religi

Portal Berita dan Informasi Kabupaten Kuningan sesuai Realita

berita Breaking News headline kabupaten kuningan Pilkada Kuningan politik

Dituding Transaksional dalam Seleksi Anggota PPK, Ketua KPU Kuningan: Silakan Cek ke Bawah

KUNINGAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Asep Budi Hartono, mempersilakan pihak-pihak yang menuding adanya kecurangan dalam seleksi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk membuktikan tuduhan mereka. Tudingan tersebut muncul setelah diumumkannya hasil seleksi anggota badan adhoc PPK oleh KPU Kuningan.

“Kami di KPU Kuningan selalu berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi dalam setiap tahapan pemilihan,” tegas Asep Budi Hartono saat ditemui di sela agenda pelantikan anggota PPK di Hotel Horison Kuningan, Kamis (16/05/2024).

Asep menjelaskan bahwa seluruh proses seleksi anggota PPK telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

Diterangkannya, proses mekanisme perekrutan anggota PPK untuk Pilkada 2024 ini sudah diatur oleh PKPU nomor 2 tentang tahapan dan jadwal maupun keputusan nomor 476 tentang proses CAT untuk seleksi calon anggota PPK.

Kenapa nilai tertinggi tidak lolos jadi Anggota PPK, Asep mengungkapkan, hal itu tidak terjadi saat ini saja. Ia mengatakan, peserta dengan nilai CAT tinggi namun tidak lolos seleksi juga pernah terjadi di tahun 2022.

“Selain tes CAT kan ada juga tahapan wawancara, di situlah proses-proses penilaian lain. Mungkin saat CAT nya punya nilai tinggi tapi pas wawancara tidak memenuhi kebutuhan, maka ada diantaranya yang tidak lolos,” papar Abuhar.

Bicara soal 12 calon PPK incumbent yang notabene adalah ketua PPK di 12 kecamatan yang tidak lolos seleksi, Ia menyebutkan, bahwa yang tidak lolos bukan hanya ketuanya saja.

“Sejumlah calon anggota PPK incumbent yang di bagian Datin, Teknis dan lainnya pun banyak yang tidak lolos pada seleksi kemarin,” katanya.

Tentu, imbuhnya, secara kolektif kolegial kepengurusan PPK ini pasti ada perubahan. Tidak hanya di posisi ketuanya saja.

Ditanya soal adanya dugaan calon anggota PPK titipan dari organisasi tertentu, Abuhar mempersilakan pihak yang menuding untuk mengecek ke anggota PPK yang lolos saat ini.

“Kalau kaitan dengan titipan atau ada dugaan transaksional silakan cek ke bawah ke teman-teman PPK. Kami garansi KPU Kuningan menertibkan hal-hal seperti itu,” tegasnya. (NARS)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *